Skip to main content

Search This Blog

Cara Memperbaik Handphone Yang Rusak Akibat Air Dengan Simpel

Dunia tiba-tiba membeku saat melihat ponsel Anda jatuh langsung ke air, Anda berteriak ketakutan, “Saya menjatuhkan telepon ke air!” Entah itu kolam renang atau toilet. Lagi pula, itu adalah perangkat berteknologi tinggi yang harganya bisa bernilai jutaaan, dan kemungkinannya yang paling tinggi adalah tidak dapat digunakan lagi. Kecuali jika Anda memiliki salah satu smartphone tahan air yang mengagumkan, seperti LG G6 atau Samsung Galaxy S8 yang anti air.

Memang benar bahwa semakin banyak pembuat handset telah beralih ke desain tahan air dalam satu atau dua tahun terakhir, dan tren ini tampaknya tidak melambat. Namun, tidak semua dari kita memiliki kemewahan telepon tahan air dan itu berarti kita perlu menggunakan metode lain. Metode terbaik untuk mencegah kerusakan air adalah dengan melakukan tindakan pencegahan sebelumnya, menggunakan sesuatu seperti kantong tahan air CaliCase untuk situasi di mana Anda tahu Anda mungkin melakukan kontak dengan air.

Bagaimana jika sudah terlambat, dan telepon Anda menenggelamkan tak terduga ke dalam air? Mari kita mulai dengan mengatakan bahwa menyimpan telepon yang rusak akibat air cukup banyak. Tidak ada yang bisa menjamin perangkat benar-benar akan diselamatkan. Dan jika gadget tersebut telah dirugikan, ada kemungkinan besar kerusakan itu permanen. Apapun, sering kali bintang-bintang menyelaraskan dan Anda akhirnya menghemat teknologi berharga yang menyimpan semua data penting Anda dan menghubungkan Anda ke dunia.


Dengan bantuan tip berikut, saya bertujuan untuk meningkatkan kemungkinan telepon Anda akan menyala lagi atau hidup kembali. Berikut adalah Tips nya :

Berikut Tips Cara Memperbaiki Handphone Yang Rusak Akibat Masuk Air

1. Cepat  Cepat Ambil HP yang Masuk Ke Air

Saya tahu sulit untuk bereaksi dengan cepat saat kejadian seperti itu terjadi, tapi Anda harus cepat cepat mengambil HP yang masuk ke air ! Semakin lama perangkat Anda tetap di bawah air, semakin rendah kemungkinan bertahannya.

Begitu telepon keluar dari air, pastikan itu tidak aktif dan tetap seperti itu. Bahkan jika tampaknya baik-baik saja … penting untuk mematikannya untuk berjaga-jaga. Jika telepon masih menyala, matikan saja atau keluarkan baterai jika bisa. Kemudian taruh di tempat yang aman, sebaiknya di atas permukaan yang rata di atas beberapa handuk kertas.

Kabar baiknya adalah bahwa bahkan ponsel yang tidak tahan air akhir-akhir ini umumnya setidaknya sedikit lebih tahan terhadap air daripada telepon dari tahun-tahun yang lalu, dan begitulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan – dan juga seharusnya tidak – jika Anda menginginkannya. Untuk membuatnya melalui tanpa terlalu banyak kerusakan.

2. Jangan Melakukan Aktivitas Setelah Menjatuhkan Telepon Anda Ke Dalam Air

  • Jangan menyalakan telepon, seperti yang telah saya  sebutkan. Komponen listrik tidak cocok dengan air saat beroperasi.
  • Jangan pasang juga! Untuk alasan yang sama.
    Jangan menekan sembarang tombol. Ini bisa mendorong air lebih jauh ke telepon. Sebaiknya usahakan mainkan telepon sesedikit mungkin.
  • Jangan meniup ke perangkat. Ini juga bisa mendorong air ke area telepon yang lebih dalam.
  • Jangan gunakan panas ke telepon. Ingat panas yang berlebihan juga bisa merusak ponsel. Anda tidak ingin menambahkan lebih banyak kerusakan!
  • Jangan gerakkan telepon terlalu banyak. Kesepakatan yang sama; Anda tidak ingin air bergerak di dalam telepon.

3. Buka Semua Perangkat Yang Terdapat Pada HP

Yang saya maksud adalah Anda harus membuka semua yang bisa dilepas pengguna. Jika penutup belakang dilepas, lepaskan. Begitu juga, coba lepaskan baterai (jika bisa), kartu SIM dan kartu SD. Letakkan semuanya di atas handuk kertas.

Sekarang, jika Anda adalah spesialis teknologi berpengalaman dan mengetahui seluk beluk telepon, dan tidak keberatan mempertaruhkan membatalkan garansi Anda, Anda juga bisa terus dan juga membuka seluruh telepon. Ini bisa membantu mengeringkan setiap bagian lebih cepat. Hati-hati saja, jika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan ini bisa lebih berbahaya daripada kebalikannya.

4. Anda Bisa Mencoba Penyedot Debu

Tentu saja, ada area yang tidak dapat diakses oleh handuk kertas. Dan sementara itu saya  menyuruh anda untuk tidak meniup apa pun ke telepon, saya tidak menyuruhmu untuk tidak menyedot airnya. Padahal, penyedot debu bisa menyedot sedikit air dari ponsel tanpa terlalu banyak resiko. Dan saya sarankan jangan menggunakan alat penyedot debu yang besar, cukup yang kecil saja apabila anda mempunyai nya

5. Waktunya mengeringkannya

Bagian tersulit akan datang, karena ini melibatkan membiarkan telepon tidak tersentuh untuk jangka waktu yang lama. Ini berarti Anda tidak dapat menggunakan smartphone Anda! Jika Anda memiliki telepon lain, Anda bisa menggunakannya, pastikan kartu SIM benar-benar kering dan tempelkan ke handset yang bekerja.

Jadi bagaimana Anda mengeringkan telepon Anda? Anda bisa saja meninggalkan telepon di atas meja atau di dalam laci, tapi beberapa orang suka memberi sedikit bantuan. Idenya adalah memasukkannya ke dalam lingkungan yang akan memudahkan proses pengeringannya. Praktik yang sangat umum adalah meletakkan telepon di atas tumpukan beras dan membiarkannya beristirahat di sana selama sekitar 2-3 hari.

Tapi kenapa beras ? Sebagian besar karena itu adalah sesuatu yang tersedia di kebanyakan rumah. Idenya adalah beras sangat baik dalam menyerap kelembaban di udara, membuat lingkungan telepon lebih kering dan karenanya membantu mengeringkan perangkat. Tapi ada alternatif yang bisa lebih baik.

Di antara pilihan yang lebih baik adalah paket gel silika, yang merupakan paket kecil yang sering Anda temukan di kotak sepatu atau elektronik (yang bertuliskan tidak bisa di makan). Ini tidak seperti kita semua memiliki peletakan ini sekitar, meskipun, tapi jika Anda berpikir sebelumnya, Anda bisa mendapatkan penawaran bagus di Amazon.

Jadi Anda melakukan semua yang Anda bisa dan beberapa hari telah berlalu. Inilah saatnya untuk melihat apakah semua usaha Anda terbayar. Keluarkan telepon dari manapun Anda tinggalkan dan letakkan semuanya. Kemudian pasang telepon dan coba nyalakan. Jika berhasil, Anda telah berhasil! Tetap waspada terhadap perilaku aneh sekalipun. Setidaknya untuk beberapa hari, karena sesuatu mungkin masih terjadi. Juga, uji semua komponen. Buat panggilan untuk melihat apakah mikrofon dan earphone bekerja, ujilah pembicara, dll.

Sekarang, jika telepon tidak bekerja, saatnya untuk menerima kekalahan dan membawanya ke profesional dan melihat apakah bisa berhasil diselamatkan. Dan Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda.

Baca Juga Tips Trik Lainnya di Tips-Tecno.Com

headset bluetooth tidak bisa hidup,cara memperbarui tizen store samsung z2,apn tidak bisa di save,cara merusak hp dengan cairan,cara memperbaiki headset bluetooth yang tidak bisa hidup,tizen store tidak bisa di buka,kenapa tizen tidak bisa di perbaharui,tida dapat verifikasi tizen aconut di hp samsung z2,headset bluetooth tidak bisa dimatikan,penambah like ig for samsung z2

Cara Memperbaik Handphone Yang Rusak Akibat Air Dengan Simpel
| Putra Pak Asep